Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB Hadiri Pencanangan dan Penguatan ZI-WBBM BPMP Provinsi NTB

Mataram, 3 April 2024-- Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat undangan mengunjungi kegiatan Pencanangan dan Penguatan Pembangunan ZI WBBM BPMP Provinsi NTB Tahun 2024 (Berbagi Praktik Baik Pembangunan ZI WBBM BPKP Provinsi NTB). Kegiatan ini menjadi simbol komitmen sekaligus sosialisasi kepada mitra dan masyarakat bahwa BPMP tengah berupaya mewujudkan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Perwakilan Kantor Bahasa Provinsi NTB hadir sebagai mitra kerja BPMP Provinsi NTB. Selain itu, Kantor Bahasa Provinsi NTB kini tengah dalam upaya menuju ZI-WBK. Untuk itu, bagi BPMP, Kantor Bahasa Provinsi NTB menjadi target yang tepat sebagai mitra berbagi praktik baik pembangunan ZI WBBM. Tidak hanya Kantor Bahasa, turut diundang perwakilan Balai Guru Penggerak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram.

Dr. Puji Retno Hardiningtyas selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat berkesempatan menyampaikan komitmen dan saran perubahan bagi BPMP dalam mewujudkan WBBM. Dalam kesempatan tersebut, Puji Retno menyampaikan progres pelaksanaan pembangunan ZI-WBK di Kantor Bahasa Provinsi NTB. Ia menuturkan rasa syukur atas keberadaan BPMP sebagai satker yang telah memperoleh predikat ZI-WBK sehingga dapat dijadikan role model bagi Kantor Bahasa. "Salah satu instansi yang kami jadikan panutan dalam membangun ZI-WBK adalah BPMP NTB. Kebetulan, kita ada dalam payung yang sama, yakni Kemendikbudristek. Tentu saja, tugas dan fungsi kita memiliki korelasi sehingga beberapa hal dapat kami tiru dan modifikasi," Puji Retno menjelaskan.

Beberapa hal terkait penguatan budaya kerja juga disampaikan oleh Puji Retno. Ia pun menyebut setiap area perubahan di Kantor Bahasa telah memiliki inovasi. Upaya perubahan pola pikir dan budaya kerja juga terus dilakukan dengan peningkatan kualitas SDM, terutama dalam hal kedisiplinan. "Kami sadar disiplin pegawai menjadi hal penting dalam pewujudan perubahan. Di sini tantangan dalam upaya melahirkan integritas," tuturnya.

Tidak hanya perbaikan internal, Puji Retno juga menyebut hal-hal prioritas dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. Pelayanan tersebut diwujudkan dengan inovasi eksternal yang berangkat dari masalah dan kebutuhan masyarakat. Sebagai contoh, Mandalika Dewisali dan Mandalika BUMI. Selain itu, survei kepuasan masyarakat di Kantor Bahasa Provinsi NTB terus dikawal dan dilakukan secara rutin. Hasil survei kemudian dijadikan bahan evaluasi utama. Tindak lanjut dari hasil evaluasi akan menghasilkan standar pelayanan yang maksimal dan tersusun secara otomatis.

Di akhir paparannya, Puji Retno menyampaikan komitmen dan dukungan penuh terhadap pembangunan ZI WBBM yang tengah dijalankan oleh BPMP Provinsi NTB. Ia juga mengatakan bahwa kolaborasi antarinstansi di bawah Kemendikbud perlu terus diperkuat. Dengan kekuatan masing-masing, Puji Retno meyakini akan terwujud kekuatan yang besar dan lengkap untuk dapat melayani masyarakat dengan maksimal.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan serta penandatanganan komitmen bersama mendukung BPMP menuju ZI WBBM. Materi terkait praktik baik dalam meraih ZI WBBM diberikan oleh Fazlurrahman, perwakilan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan selaku instansi yang telah berhasil meraih predikat ZI WBBM setelah testimoni dari Dinas Dikbud Provinsi dan Dinas Pendidikan Kota Mataram disampaikan.