Puncak Final Pemilihan Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB Tahun 2022

Pemilihan Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB memasuki tahapan final. Penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Lombok Raya, Mataram secara tatap muka dengan menghadirkan ke-20 finalis, Kamis (29 September 2022). Sebelumnya telah dilakukan beberapa tahapan, yaitu seleksi administrasi, pembekalan materi kebahasaan dan kesastraan secara daring, tahapan 50 besar, tahapan 20 besar, dan tahapan terakhir pada tahapan final yang berlangsung hari ini. Pada kegiatan ini, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB (Puji Retno Hardiningtyas) menjelaskan tujuan dari pelaksanaan Pemilihan Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB.

"Saat ini kita ketahui bulan Oktober merupakan bulan yang mewakili gerakan seorang pemuda. Hari ini tugas adik-adik untuk memperjuangkan dan membangun bangsa melalui kecintaan terhadap bahasa. Hal ini merupakan salah satu bentuk dan tujuan terselenggaranya kegiatan ini. Pada dasarnya, pemilihan ini untuk mencari reksa bahasa atau polisi bahasa dan menjadi mitra kerja Kantor Bahasa Provinsi NTB dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Pemilihan Duta Bahasa Yuwana ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB," paparnya dalam sambutan kegiatan.

Ia menjelaskan lebih jauh bahwa para peserta berperan untuk mengampanyekan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sesuai arahan dan kebijakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Duta Bahasa dan Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB bisa berkolaborasi dan bekerja untuk sosialisasi bahasa dan sastra di NTB. 

"Besar harapan kami bahwa dengan adanya kegiatan ini akan lahir para pemuda yang mampu melaksanakan program satu tahun ke depan dan membawa misi kebahasaan dan kesastraan. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan mari buktikan bakat dan minat adik-adik di sini," tambahnya.

Kegiatan resmi dibuka dengan penyerahan cendera mata kepada perwakilan peserta Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB. Tahap penilaian dibagi ke dalam beberapa sesi. Sesi pertama adalah sesi presentasi oleh ke-20 finalis dengan memaparkan karya tulis yang bertema pemuda dan menjawab pertanyaan seputar kebahasaan dan kesastraan dari dewan juri. Sesi kedua, yaitu pertunjukan minat dan bakat dengan beragam kemampuan yang dibawakan oleh para peserta, di antaranya membaca puisi, pidato dalam tiga bahasa, bercerita, ngumang dan bakelong, menjadi pewara, bernyanyi, pidato dalam empat bahasa, menari, sketsa, monolog, dan menjadi presenter.

Selanjutnya, diskusi penentuan pemenang oleh para dewan juri berdasarkan hasil penilaian dalam beberapa sesi yang telah dilakukan. Juri pada kegiatan ini, yaitu Puji Retno Hardiningtyas  (Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB), Ach. Fairuz Abadi (Kepala Bidang Kebudayaaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB), Ermawati (Praktisi Kebahasaan), dan Teguh Samudra (Praktisi Wicara Publik). Berikut ini adalah para pemenang terpilih Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB tahun 2022.

-Pemenang I

Nanda Suci Ramadhani dari SMAN 2 Sumbawa Besar dan Alvin Danuwarman dari SMAN 5 Mataram.

-Pemenang II

Alyssa Valasandra Wirawan dari SMAN 1 Mataram dan Muh. Kemal Amrullah dari MAN 2 Kota Bima

-Pemenang III

Ni Made Sakila Anjani Putri dari SMAN 5 Mataram dan Arsy Zulhakim dari SMAN 1 Sumbawa Besar.

-Pemenang Favorit

Baiq Hanindyah Ramadhani dari SMAN 1 Praya dan Bagas Dwi Ramdhan Mulyanto dari SMAN 2 Sumbawa Besar.