Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB Dukung Pengabdian Kepada Mayarakat dan Perkuat Kerja Sama

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB (Puji Retno Hardiningtyas) menjadi narasumber dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat 

Pemberdayaan Desa Wisata: Pemanfaatan Sumber Daya Lokal, UKM, Teknik Bercerita (Story Telling), Penandatanganan Kerja Sama, dan Silaturahmi Akademik yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dosen Lintas Perguruan Tinggi Indonesia (ADLPTI PKM) di Aula Desa Bilebante, Kab. Lombok Tengah, Minggu ( 25 September 2022). Kegiatan ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi NTB, Kantor Bahasa Provinsi NTB, dan Desa Wisata Hijau Bilebante. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 24--27 September 2022 ini menghadirkan pembicara utama, yaitu, Dr. Puji Retno Hardiningtyas, S.S., M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB),  Prof. Dr. Mahsun, M.S. (Kepala Institut Riset Nusantara), dan Pahrul Azim, S.Pd.I. (Direktur Desa Wisata Bilebante).

Dr. Esti Ismawati, M.Pd. selaku Ketua ASDPI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kurangnya kemampuan teknik bercerita sebagai bagian dari promosi wisata telah diakomodasi dengan kehadiran Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB yang akan menyampaikan materi tentang "Teknik Bercerita". Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat membawa manfaat. Puji Retno Hardiningtyas dalam paparan materinya menekankan teknik bercerita menarik dan atraktif untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

Sebanyak 18 perwakilan universitas yang tergabung dalam ADLPTI hadir dalam kegiatan ini, antara lain Universitas Widya Dharma Klaten, Politeknik LPP Yogyakarta, Universitas Mataram, Universitas Nahdhatul Wathan Mataram, Universitas Hamzanwadi, Stikes Yarsi Mataram, Politeknik Katolik Mangunwijaya, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Krisnasdwipayana, IAIN Asadiyah Sulawesi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Unisnu Jepara, Universitas PGRI Semarang, STIT Madinah Sragen, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas PGRI Kediri, dan Universitas Almaata. Dua puluh orang perwakilan kelompok wisata dan Karang Taruna Desa Bilebante juga ikut menjadi bagian dari peserta kegiatan yang akan dilatih berbagai program sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dirangkaikan juga dengan penandatanganan Rencana Kerja Sama Kantor Bahasa Provinsi NTB dengan FKIP Universitas Widya Dharma Klaten dan Politeknik LPP Yogyakarta dalam hal pengembangan tri dharma perguruan tinggi, pengabdian kepada masyarakat, dan Magang Kampus Merdeka Belajar (MKMB).